Rabu, 02 Februari 2011

Buku Termahal Di Dunia

Salah satu buku termahal di dunia ternyata hanya berisikan sebuah kalimat sederhana. Buku itu adalah karya terakhir dari Boerhaave, seorang dokter Belanda yang menulis buku “Elementa Chemiae” dan meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” yang artinya kurang lebih sebagai “Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan”.
Saat buku tersebut dilelang, buku itu terjual hingga mencapai harga US$ 20.000. Tapi, ternyata, setelah segel buku dibuka, pemenang lelang itu menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, hanya terdapat tulisan pendek: “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”




Buku Paling mahal sedunia - buku termahal sedunia ini merupakan sebuah buku yang dibeli bill gates dari lelang pada tahun 1994 seharaga $30,80 million. Dan judul dari buku termahal sedunia ini adalah "CODEX Leicester" yang mana buku ini disebut juga buku catatan seorang jenius, lalau apa yang menjadi buku ini begitu super mahal?

Karena isi dalam buku ini mengungkapkan pikiran Leonardo yang cemerlang, berisi catatan kasus dan observasi tentang teori dan eksperimen leonardo davinci yang meliputi berbagai topik dari astronomi sampai hidrolik, dengan air sebagai subyek utamanya dan cahaya sebagai subyek pendukungna.

Leonardo menulis buku termahal sedunia ini dalam "tulisan cermin", yang mana penulisannya dimulai dari sisi kanan halaman ke arah kiri dengan huruf-huruf yang terbalik, sehingga sebuah halaman hanya dapat dibaca normal kalau dihadapkan ke sebuah cermin.

Jadi hal itulah yang membuat buku codex leicester atau buku catatan seorang jenius dibandrol sebagai buku termahal di dunia

Sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” adalah barang unik, langka dan mahal di dunia. Dalam buku ini hanya berisikan sebuah kalimat sederhana. Namun berharga US$ 20.000.



Elementa Chemiae
Buku ini adalah karya terakhir dari Boerhaave, seorang dokter Belanda yang menulis buku “Elementa Chemiae” dan meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” yang artinya kurang lebih “Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam seni pengobatan”.
Saat buku itu dilelang, terjual dengan harga US$ 20.000. Tapi ternyata,setelah segel buku dibuka, pemenang lelang itu menemukan 99 dari 100 halaman buku itu kosong tidak ada tulisan sama sekali.
Selain sampul depan, deretan huruf yang membentuk sebaris tulisan pendek di satu halamannya, dalam arti bahas Indonesia bebas berbunyi,















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar